Sabtu, 02 Februari 2013

wawancara



WAWANCARA

Wawancara merupakan salah satu teknik yang dilakukan untuk mendapatkan data atau informasi mengenai sesuatu yang berhubungan dengan apa yang kita butuhkan.wawancara memilki arti yaitu proses tanya jawab untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal dari narasumber.
Informaasi yang disampaikan narasumber biasanya berupa pikiran pendapat  dan gagasan. Pewawancara harus mempunyai keterampilan dalam menyimpulkan pemikiran, pendapat dan gagasan narasumber yang nanti dirangkum dalam sebuah kesimpulan.
Sebelum menyimpulkan apa yang disampaikan narasumber dalam wawancara, pewawancara perlu mengetahui pokok-pokok penting dalam wawancara tersebut. Pokok-pokok tersebut nantinya dijadikan acuan untuk menarik sebuah kesimpulan.
Kegiatan wawancara melibatkan dua orang yaitu narasumber (orang memberikan informasi atau orang yang diwawancarai) dan pewawancara (orang yang mewawancarai atau orang yang mencari informasi).



Contoh:


Wartawan   :“Bagaimana upaya pemerintah mengatasi        harga beras yang semakin mahal?”
Menteri       :“Kita mengupayakan peaneka-ragaman pangan   yang harus lebih digalakkan, berusaha       mengganti beras dengan bahan pangan lain.”
Wartawan   :“Hal tersebut sudah oleh pemerintah, tetapi tidak berjalan seperti harapan. Apa  harus    membuat nasi goreng dengan bahan lain?”
Menteri       :“Saya tadikan berpendapat upaya peaneka-ragaman pangan perlu dilakukan. Bukan        berarti saya menyuruh membuat nasi goreng dari bahan nonberas."
Wartawan   :“Bahan pangan apa saja yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti beras?”
Menteri       :“Bahan pangan nonberas, seperti ubi jalar, sagu, jagung, talas, sukun, dan ubi kayu.”
Wartawan   :“Bagaimana dengan anak-anak yang sudah kebiasaan makan nasi dan beras?”
Menteri       :“Ya harus beralih , dibiasakan agar mereka biasa merasakan makanan selain nasi. Sehingga peaneka-ragaman pangan dapat berhasil.”

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar